Rumus Perhitungan Metode MAUT (Metode Multi Attribute Utility Theory)

Metode Multi Attribute Utility Theory atau yang disingkat dengan MAUT digunakan untuk mengidentifikasi dan menggali informasi tentang preferensi pengguna dalam konteks personal. Keseluruhan informasi tentang tingkah laku pengguna yang bersifat multidimensional dibagi menjadi beberapa bagian yang bersifat unidimensional untuk kemudian diberikan ukuran dan bobot (sumber: Wang, L., & Meng, X., 2012).

 

Pada kesempatan ini saya akan membagikan salah satu contoh rumus untuk menghitung nilai alternatif terbaik menggunakan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT).

 

Lihat juga : Source Code Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT)

 

Contoh rumus sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) untuk menentukan nilai alternatif terbaik menggunakan perhitungan manual yang dikonversikan dalam Microsoft Excel. Studi kasus yang akan saya contohkan yaitu menghitung Nilai Alternatif Terbaik Mahasiswa Berprestasi. Contoh rumus perhitungannya dapat dilihat seperti gambar berikut:



Apabila teman-teman sedang mengerjakan Projek tentang Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) contoh rumus ini dapat dijadikan Inspirasi untuk menghitung nilai alternatifnya. Rumus Hitung Nilai Alternatif Terbaik Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) dapat di Download disini..

 

Lihat juga : Rumus Hitung Nilai Alternatif Menggunakan Metode TOPSIS

 

Semoga apa yang saya bagikan ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran dalam menghitung nilai alternatif sebuah Sistem Pendukung Keputusan menggunakan metode MAUT. Selamat Mencoba...!

Post a Comment

Previous Post Next Post