Rumus Perhitungan Menggunakan Metode SMART

Salah satu metode yang dapat digunakan dalam suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah metode Simple Multi Attribute Rating Technique atau lebih populer disebut SMART. SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) merupakan metode pengambilan keputusan yang multi-atribut yang dikembangkan oleh Edward pada tahun 1971 (sumber: Filho 2005). Teknik pengambilan keputusan multi kriteria ini didasarkan pada teori bahwa setiap alternatif terdiri dari sejumlah kriteria yang memiliki nilai-nilai dan setiap kriteria memiliki bobot yang menggambarkan seberapa penting ia dibandingkan dengan kriteria lain. Pembobotan ini digunakan untuk menilai setiap alternatif agar diperoleh alternatif terbaik. SMART menggunakan linear additive model untuk meramal nilai setiap alternatif. SMART merupakan metode pengambilan keputusan yang fleksibel. SMART lebih banyak digunakan karena kesederhanaanya dalam merespon kebutuhan pembuat keputusan dan caranya menganalisa respon. Analisa yang terlibat adalah transparan sehingga metode ini memberikan pemahaman masalah yang tinggi dan dapat diterima oleh pembuat keputusan.

 

Langkah-langkah untuk pemodelan dan menentukan rumus mengenai metode SMART diatas tidak dilakukan pembahasan secara detail. Karena, dalam postingan kali ini saya hanya akan membagikan contoh rumus yang sudah di konversikan ke dalam bentuk Microsoft Excel seperti gambar berikut:
 
 
Contoh rumus metode SMART seperti gambar diatas silahkan teman-teman Downlod disini...
Demikian tutorial singkat tentang Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique). Semoga dapat menjadi Inspirasi buat teman-teman yang sedang membuat projek Sistem Pendukung Keputusan (SPK) menggunakan Metode SMART.

Post a Comment

Previous Post Next Post