Contoh Perhitungan Metode MOORA - kodingbuton.com

Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA) merupakan metode multiobjektif sistem mengoptimalkan dua atau lebih attribut yang saling bertentangan secara bersamaan. Metode ini diterapkan untuk memecahkan masalah dengan perhitungan matematika yang kompleks. Keunggulan metode MOORA sendiri telah diamati bahwa metode ini sangat sederhana, stabil, dan kuat, bahkan metode ini tidak membutuhkan seorang ahli di bidang matematika untuk menggunakannya serta membutuhkan perhitungan matematis yang sederhana. Selain itu juga metode ini juga memiliki hasil yang lebih akurat dan tepat sasaran dalam membantu pengambilan keputusan [Brauers, W. K. dan Zavadskas, E. K., 2006].
 

Berdasarkan pengertian diatas metode ini sangat sederhana, mudah dan mendapatkan hasil yang akurat dalam suatu sistem pendukung keputusan (SPK). Pada kesempatan ini saya akan memberikan sebuah contoh perhitungan menggunakan Metode MOORA yang di konversikan dalam perhitungan menggunakan Microsoft Excel. Contoh rumus ini menggunakan studi kasus: Penentuan Nilai Alternatif Produk Laptop Terbaik. Contoh perhitungan dapat dilihat pada gambar berikut:

Langkah-langkah dan rumus untuk perhitungan penentuan nilai alternatif terbaik tidak di bahas dalam postingan ini. Namun, saya hanya akan memberikan sebuah file Excel untuk contoh perhitungan menggunakan metode MOORA. File contoh perhitungan Penentuan Nilai Alternatif Produk Laptop Terbaik dapat di Download disini...

 

Lihat juga : Rumus Perhitungan Metode VIKOR

 

Semoga apa yang telah saya bagikan dapat bermanfaat dan menjadi Inspirasi untuk mengimplementasikan dalam sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) menggunakan Metode MOORA. JIka ada pertanyaan, silahkan isi komentar dibawah...!


1 Comments

  1. itu cara menentukan bobot pada kriteria didapat dari mana ya min??

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post