Rumus Perhitungan Metode VIKOR

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh rumus perhitungan untuk menentukan nilai alternatif terbaik pada suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) menggunakan Metode VIÅ¡ekriterijumsko KOmpromisno Rangiranje (VIKOR). Namun, sebelum lanjut saya akan memberikan penjelasan singkat tentang Metode VIKOR.

Metode VIÅ¡ekriterijumsko KOmpromisno Rangiranje (VIKOR) merupakan salah satu metode MADM yang melihat solusi/alternatif terdekat sebagai pendekatankepada solusi ideal dalam perangkingan [sumber: R. Venkanta Rao,2008]. Vikor merupakan metode analisis pengambilan keputusan dengan multi atribut decision making yang dikembangkan oleh Serafim Opricovic untuk memecahkan permasalahan keputusan dengan kriteria yang saing bertentangan dan dari unit yang berbeda, dengan asumsi bahwa kompromi dapat diterima sebagai resolusi dari konflik yang ada. Pengambil keputusan menginginkan solusi yang mendekati ideal dan setiap alternatif dievaluasi sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Vikor melakukan perangkingan terhadap alternatif dan menentukan solusi yang mendekati solusi kompromi ideal.

Langka-langkah untuk menentukan nilai alternatif menggunakan Metode VIKOR tidak dibahas lebih detail pada postingan ini. Namun.., saya hanya akan membagikan contoh rumus perhitungan nilai alternatif menggunakan Metode VIKOR yang sudah di konversikan dalam perhitungan menggunakan Microsoft Excel. Studi kasus dalam contoh kali ini yaitu  untuk  Penentuan Nilai Alternatif Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dalam Penerimaan Karyawan. Contoh gambar dapat dilihat seperti berikut:


Contoh rumus metode VIKOR diatas dapat dijadikan Inspirasi untuk menghitung nilai alternatif Penerimaan Karyawan perusahaan maupun lainnya. Apabila teman-teman sedang mengerjakan projek menggunakan metode VIKOR rumus tersebut dapat menjadi acuan dan contoh perhitunannya dapat di Download disini…

 

Lihat juga : Contoh Rumus Perhitungan Penentuan Nilai Alternatif Menggunakan Metode SMART

 

Semoga apa yang saya bagikan pada postingan kali ini dapat bermanfaat buat teman-teman...!

Post a Comment

Previous Post Next Post