Contoh Perhitungan SPK Metode SAW, Rumus Excel

Contoh Perhitungan SPK Metode SAW (Simple Additive Weighting) menggunakan rumus excel merupakan sebuah contoh rumus yang berfungsi sebagai acuan untuk menentukan proses perankingan nilai preferensi untuk setiap alternatif pada sebuah Sistem Pendukung Keputusan. Sistem Pendukung Keputusan atau Decision Support System (DSS) merupakan sistem informasi berbasis komputer yang adaptif, interaktif, fleksibel, yang secara khusus dikembangkan untuk mendukung solusi dari permasalahan manajemen yang tidak terstruktur untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam sistem pendukung keputusan yaitu metode Simple Additive Weighting (SAW).


Konsep dasar metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Metode SAW membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada. Metode SAW harus memiliki beberapa Alternatif (A), Kriteria (C), dan Berat (Weight/W) yang mempunyai bobot ketentuan. Metode SAW mengenal adanya 2 (dua) kriteria yaitu kriteria keuntungan (benefit) dan kriteria biaya (cost).

 

Sistem pendukung keputusan menggunakan metode SAW banyak diterapkan di berbagai contoh kasus, misalnya pada postingan kali ini yang mengambil studi kasus Seleksi Penerimaan Bantuan Langsung (BLT) pada masyarakat.

 

Lihat juga: Source Code SPK Metode SAW (Simple Additive Weighting)

 

Contoh Perhitungan SPK Metode SAW ini merupakan contoh rumus yang sudah di uji dan di konversikan dalam bentuk format  Microsoft Excel  yang di sesuaikan dengan rumus menentukan nilai menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Langkah-langkah rumus penentuan nilai alternatif tidak dibahas pada postingan ini, namun saya hanya membagikan sebuah contoh rumus seperti yang sudah di jelaskan diatas. Contoh rumus dapat di lihat seperti gambar berikut:



Contoh Perhitungan SPK Metode SAW (Simple Additive Weighting) menggunakan rumus excel ini dapat dijadikan sebagai inspirasi dan acuan untuk proses penentuan perangkingan alternatif atau menjadi paduan bagi anda yang sedang mengerjakan projek SPK dengan menggunakan metode SAW yang akan di konversikan dalam bahasa pemrograman PHP. File perhitungan metode SAW ini dapat di Download disini.. secara gratisss..!

 

Semoga apa yang saya bagikan pada postingan kali ini dapat menjadi inspirasi dan bermanfaat buat teman-teman...!

Post a Comment

Previous Post Next Post