Source Code SPK Metode AHP dan SAW, Scrip PHP dan MySQL

Source Code SPK Metode AHP dan SAW merupakan sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan yang menggabungkan 2 (dua) metode sekaligus dalam proses pegambilan sebuah keputsan, yang mana tiap-tiap metode mempunyai fungsi tertentu. Adapun fungsi masing-masing metode yaitu sebagai berikut:


  1. Metode pertama yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan sebuah hirarki fungsional dalam pengambilan keputusan dengan input utamanya adalah persepsi manusia dengan teknik yang terstruktur untuk mengatur, mengelola dan menganalisa keputusan yang kompleks, berdasarkan ilmu pengetahuan matematika dan psikologi. Dalam aplikasi ini metode AHP berfungsi sebagai penentuan nilai bobot tiap-tiap kriteria. Penentuan nilai bobot di proses berdasarkan perhitungan menggunakan metode AHP.

  2. Metode Simple Additive Weighting (SAW) merupakan metode penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua kriteria. Dalam aplikasi ini metode SAW di terapkan sebagai proses perhitungan untuk menentukan nilai matriks awal, normalisasi, perangkingan dan alternatif terbaik.


Berdasarkan 2 (dua) fungsi tersebut diatas, kesimpulannya yaitu Metode AHP untuk proses penentuan nilai bobot masing-masing kriteria dan SAW sebagai penentuan nilai alternatif. Metode AHP dan SAW banyak diterapkan pada bidang pendidikan atau sekolah-sekolah untuk mendukung keputusan yang diambil seperti contoh studi kasus yang diterapkan pada Source Code SPK Metode AHP dan SAW ini yaitu sistem pendukung keputusan untuk proses Seleksi Penerimaan Siswa Baru Pada Sekolah. Sekolah yang diterapkan yaitu SMP atau SMA/SMK dengan kriteria-kriteria meliputi kriteria dalam proses seleksi siswa baru yang ada pada suatu sekolah. Sistem ini dapat dimodifikasi atau dikembangkan agar dapat diterapkan untuk contoh studi kasus lain.


Source Code Sistem Pendukung Keputusan menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan simple Additive Weighting (SAW) ini dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL. Adapun fitur-fitur Source Code SPK Metode AHP dan SAW yaitu sebagai berikut:


  1. Halaman Data Kriteria (Metode AHP) [CRUD);

  2. Halaman Data Nilai Preferensi (Metode AHP) [CRUD);

  3. Halaman Analisis Penentuan Bobot Kriteria (Metode AHP) [CRUD);

  4. Halaman Perbandingan Bobot Kriteria (Metode AHP);

  5. Halaman Data Calon Siswa Baru [CRUD);

  6. Halaman Proses Seleksi (Metode SAW) meliputi: data alternatif, nilai kriteria, nilai matriks awal, normalisasi, perangkingan, alternatif terbaik;

  7. Halaman Laporan Hasil Seleksi.


Beberapa Screenshot Source Code SPK Metode AHP dan SAW dapat dilihat pada gambar-gambar berikut:



 





Apabila Teman-Teman Suka dan tertarik atau sesuai dengan judul tugas akhir anda tengang Source Code SPK Metode AHP dan SAW ini, silahkan chat kami melalui:

  • WA  : 082345161368
  • Email : amran.ranh@gmail.com


NB**: Kami juga menerima jasa pembuatan Aplikasi untuk Skripsi/Tugas Akhir, dan lain-lain.

2 Comments

  1. Berapa untuk harga nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui WA. 🙏

      Delete

Post a Comment

Previous Post Next Post