Contoh Perhitungan SPK Metode WASPAS, Rumus Excel

Sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dikenal beragam metode-metode yang digunakan untuk menentukan perhitungan nilai alternatif terbaik yang akurat. Salah satu metode yang digunakan yaitu WASPAS (Weight Aggregated Sum Product Assesment).

 

WASPAS (Weight Aggregated Sum Product Assesment) merupakan metode yang dapat mengurangi kesalahan-kesalahan atau mengoptimalkan dalam penaksiran untuk pemililahan nilai tertinggi dan terendah. Penerapan metode WASPAS adalah mencari prioritas pilihan lokasi yang paling sesuai dengan menggunakan pembobotan kombinasi unik dua sumur dikenal sebagai MCDMapproaches, WMM dan model produk berat (WPM) pada awalnya memerlukan normalisasi linier dari elemen hasil. Dengan metode WASPAS, kriteria kombinasi optimum dicari berdasarkan dua kriteria optimum. Kriteria pertama yang optimal, kriteria keberhasilan rata-rata tertimbang sama dengan metode WSM. Ini adalah pendekatan yang populer dan diadopsi untuk MCDM untuk mengevaluasi beberapa alternatif dalam beberapa kriteria keputusan [Sumber: E. K. Zavadskas, J. Antucheviciene, J. Saparauskas, and Z. Turskis].

 

Berdasarkan definisi singkat mengenai metode WASPAS tersebut rumus penentuan perhitungan suatu nilai alternatif ditentukan dengan menaksirkan pemilihan nilai tertinggi dan terendah. Pada postingan kali ini, saya akan membagikan sebuah Contoh Perhitungan SPK Metode WASPAS menggunakan Rumus Excel. Contoh kasus yang di angkat yaitu "Sistem Pendukung Keputusan  Seleksi Penerimaan Karyawan Baru". Contoh perhitungan sistem pendukung keputusan menggunakan metode WASPAS ini telah di konversikan ke dalam bentuk Microsoft Excel  dan menghasilkan nilai alternatif yang akurat yang sesuai dengan pemodelan dalam menentukan rumus perhitungan menggunakan Metode WASPAS.

 

Lihat juga : Contoh Perhitungan Metode MOORA 


Contoh gambar pemodelan rumus dapat dilihat pada gambar berikut:

 


Apabila teman-teman sedang membuat sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan metode WASPAS, rumus tersebut dapat dijadikan Inspirasi dan acuan untuk proses penentuan perhitungan nilai alternatifnya. File Contoh Perhitungan SPK Metode WASPAS menggunakan Rumus Excel dapat diperoleh secara gratisss pada link ini: Download disini..

 

Semoga apa yang saya bagikan pada postingan kali ini dapat menjadi inspirasi dan bermanfaat buat teman-teman...!

1 Comments

  1. kak bisa ga ya bantuin cara penulisan rumus waspas kalau menggunakan VB.net 2010

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post