Perhitungan SPK Metode MPE (Metode Perbandingan Exponensial)

Perhitungan SPK Metode MPE (Metode Perbandingan Exponensial) merupakan salah satu model perhitungan metode Decision Suport System (DSS) atau yang jika diartikan yaitu “Sistem Pendukung Keputusan (SPK)” yang akan dibahas dalam situs yang bertemakan Inspirasi Source Code ini. Namun, sebelum lanjut ada baiknya kita simak terlebuh dahulu definisi singkat tentang SPK Metode Perbandingan Exponensial (MPE).

Metode Perbandingan Exponensial (MPE) merupakan salah satu metode dari Decision Suport System (DSS) yang digunakan untuk menentukan urutan prioritas alternatif keputusan dengan kriteria jamak [Marimin, 2011].

Dengan perhitungan secara eksponensial, perbedaan nilai antara kriteria dapat dibedakan tergantung kepada kemampuan orang yang menilai. Disamping definisi tersebut diatas Metode Perbandingan Exponensial (MPE) juga dapat dikatakan sebagai sebuah metode pengambilan keputusan yang mengkuantifikasikan pendapat seseorang atau lebih pada skala tertentu. Teknik ini berfungsi agar dapat membantu seorang pengambil keputusan untuk menggunakan rancang bangun model yang terdefinisi dengan baik pada tahapan proses. MPE akan menghasilkan nilai alternatif yang perbedaannya lebih kontras.

Berikut merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam sistem pendukung keputusan dengan menggunakan Metode Perbandingan Exponensial (MPE):
  • Menyusun alternatif-alternatif keputusan yang akan dipilih.
  • Menentukan kriteria atau perbandingan relatif kriteria keputusan yang penting untuk di evaluasi dengan menggunkan skala konversi tertentu sesuai dengan keinginan pengambil keputusan.
  • Menentukan tingkat kepentingan relatif dari setiap kriteria keputusan atau pertimbangan kriteria. Penentuan bobot di tetapkan pada setiap kriteria untuk menunjukan tingkat kepentingan suatu kriteria.
  • Melakukan penilaian terhadap semua alternatif pada tiap kriteria dalam bentuk total skor tiap alternatif.
  • Menghitung skor atau nilai total setiap alternatif dan mengurutkannya. Semakin besar Total Nilai (TN) alternatif maka semakin tinggi urutan prioritasnya.
Berdasarkan langkah-langkah yang telah dijabarkan diatas, selanjutnya saya akan membagikan contoh model Perhitungan SPK Metode MPE (Perbandingan Exponensial) yang sudah di uji dan di konversikan dalam bentuk format Microsoft Excel. Studi kasus yang akan menjadi contoh dalam perhitungan ini yaitu: Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Rekrutmen Karyawan Baru dengan menggunakan kriteria: IPK, IQ, Psikotes, Usia dan Pengalaman Kerja. Contoh model perhitungan dapat dilihat pada gambar berikut:
 

Bagi anda yang membutuhkan model Perhitungan SPK Metode MPE (Perbandingan Exponensial), silahkan Free Download dan Klik Disini…

Semoga apa yang saya bagikan ini dapat menjadi inspirasi serta bahan edukasi yang bermanfaat untuk model perhitungan rumus Metode Perbandingan Exponensial (MPE).

 

Lihat juga: Rumus Hitung Metode MFEP (Multi Factor Evalution Proces)

 

Apabila ada rumus yang tidak sesuai dengan hasil perhitungan,, silahkan isi kolom komentar pada bagian bawah tutorial ini...!.

Post a Comment

Previous Post Next Post