Source Code Aplikasi SPK Metode TOPSIS, Script PHP Native

Source Code Aplikasi SPK Metode TOPSIS merupakan sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang menggunakan prinsip bahwa alternatif yang terpilih harus mempunyai jarak terdekat dari solusi ideal positif dan jarak terpanjang (terjauh) dari solusi ideal negatif untuk menentukan kedekatan relatif dari suatu alternatif dengan solusi optimal.

 

Seperti fungsinya Metode Technique for Order Performance by Similarity to Ideal Solution atau yang lebih dikenal dengan singkatan TOPSIS adalah salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria. Metode TOPSIS dapat diimplementasikan sebagai salah satu metode sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk menyelesaikan  permasalahan  multiple criteria  decision  making.  Alasan sederhannya adalah karena Metode TOPSIS menggunakan  konsep  sederhana  dan  mudah dipahami, komputasinya  efisien  dan  memiliki  kemampuan  untuk  mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan.

 

Contoh Studi kasus Source Code Aplikasi SPK Metode TOPSIS dengan menggunakan Script PHP Native ini yaitu Seleksi Pemilihan Bibit Unggul. Namun, sistem pendukung keputusan ini dapat di Custom sesuai dengan studi kasus yang di inginkan oleh pengguna.

Sistem ini dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP Native versi 8.0. dengan tampilan template website terbaru sehingga, sistem dapa tampil dengan resposive web mobile. Adapun fitur-fitur Source Code Aplikasi SPK Metode TOPSIS yaitu sebagai berikut:

 

  • Halaman Kriteria
  • Halaman Sub Kriteria
  • Halaman Data Alternatif
  • Halaman Himpunan kriteria
  • Halaman Proses Seleksi
  • Halaman Hasil Seleksi
  • Halaman Output Hasil Seleksi (Print Out dan file.pdf)

 

Data Kriteria, Sub Kriteria, Alternatif, Himpunan Kriteria (Penilaian) yang terdapat dalam sistem ini dapat diubah dan disesuaikan sesuai keinginan melalui sistem aplikasi secara dinamis. Adapun beberapa tampilan screenshot Aplikasi SPK Metode TOPSIS, Script PHP Native dapat dilihat seperti berikut:

 

Tampilan Halaman Utama SPK Metode TOPSIS


Tampilan Nilai Rating Kinerja Ternormalisasi (rij)

Tampilan Nilai Rating Bobot Ternormalisasi (yij)

Tampilan Solusi Ideal Positif (A+) dan Solusi Ideal Negatif (A-)

Tampilan Jarak Positif (D I+) dan Jarak Positif (D I-)

Tampilan Hasil Seleksi/Nilai Preferensi (V I)

Apabila Teman-Teman minat dan tertarik dengan Source Code Aplikasi SPK Metode TOPSIS ini, akan mendapatkan paket file:

 

  • File Source Code Aplikasi (PHP Native Versi 8.x);
  • File Database Aplikasi;
  • File Excel (rumus, perhitungan mendapatkan nilai alternatif);
  • File Word (pembahasan model perhitungan manual step by step);
  • File panduan instalasi aplikasi.

 

Untuk mendapakan file paket tersebut diatas, silahkan chat kami melalui:

  • WA  : 082345161368

 

Lihat juga : Source Code Sistem Pendukung Keputusan Metode Topsis

 

þ  

Silahkan kunjungi Sitemap (peta situs kami) untuk menemukan Inspirasi lainnya: Tutorial, Edukasi, Judul Skripsi dan Source Code dari: Aplikasi, Sistem Informasi, Sistem Pendukung Keputusan, Sistem Pakar, E-Commerce dan lain-lain.

þ  

Kami juga menerima jasa pembuatan Aplikasi untuk Skripsi/Tugas Akhir, dan lain-lain.

 

Post a Comment

Previous Post Next Post