Definisi jQuery dan referensi daftar pustakanya

jQuery merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan dalam mendesain, membuat dan atau sedang mengembangkan sebuah aplikasi berbasis web. Dengan adanya komponen JQuery ini membantu dalam menyajikan komponen JavaScript siap pakai. Seperti yang diketahui, jQuery memiliki moto “write less, do more” yang artinya kesederhanaan dalam penulisan code, tapi dengan hasil yang lebih banyak.

 


Definisi jQuery:

Definisi jQuery sendiri banyak para ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang, Apa itu jQuery..?. Dari sekian banyak ahli tersebut, berikut berberapa diantaranya:


jQuery adalah library atau kumpulan kode JavaScript siap pakai. Keunggulan menggunakan jQuery dibandingkan dengan JavaScript standar, yaitu menyederhanakan kode JavaScript dengan cara memanggil fungsi-fungsi yang disediakan oleh jQuery. JavaScript sendiri merupakan bahasa Scripting yang bekerja disisi Client/Browser sehingga website bisa lebih interaktif [Sigit, 2011:1].

jQuery merupakan sebuah framework (library) javascript yang ditujukan untuk membantu Anda dalam menghasilkan aplikasi-aplikasi cross-platform yang responsif dan mudah [Prasetia, 2013:85].

Menurut [Winarno, 2014:52] mendefinisikan bahwa jQuery merupakan sebuah plugin yang berfungsi sebagai framework javascript yang sering digunakan dalam pengembangan web.

jQuery merupakan suatu library Javascript yang memungkinkan untuk membuat program web pada suatau halaman web tanpa harus menambahkan event ataupun property pada halaman web tersebut [Bekti, 2015:59].


Berdasarkan uraian beberapa para ahli tersebut diatas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa jQuery merupakan pustaka javascript yang akan memudahkan bagi para programmer dalam penulisan kode javascript.


Sejarah Terciptanya jQuery:

Terciptanya jQuery diluncurkan pada tanggal 26 Januari 2006 di Barcamp NYC oleh John Resig dan berlisensi ganda di bawah MIT dan GPL. jQuery adalah library Javascript yang dibuat untuk memudahkan pembuatan website dengan HTML yang berjalan di sisi Client. jQuery menyediakan layanan atau support  para developers untuk membuat plug-ins di dalam bahasa Javascript tentunya. Sehingga memungkinkan para developer website membuat website lebih interaktif dengan animasi, efek-efek, tema dan widget.

Pada tahun-tahun berikutnya jQuery telah banyak digunakan oleh situs-situs website terkemuka seperti Google, Microsoft, intel , Nokia, Oracle , IBM, DELL, BBC, NBC, ESPN, EAPN, EA Sport, Twitter, Facebook, Amazon, Techorati, Youtobe Apple, Wordpress, Mozila, Netflix , Digg, Time, dan lain sebagainya.


Fungsi jQuery:

Selain memiliki fungsi utama sebagai library JavaScript, jQuery juga membantu mengatur interaksi antara JavaScript dengan halaman website. jQuery juga memiliki fungsi lengkap dalam penggunaannya yaitu sebagai berikut:

  • Melakukan manipulasi elemen-elemen Document Object Model (DOM) Javascript. Dom adalah struktur-pohon representasi dari semua elemen yang terdapat dalam sebuah halaman Web, dan jQuery menyederhanakan sintaks untuk mencari, menyeleksi, dan memanipulasi elemen-elemen DOM tersebut.
  • Melakukan fungsi event assignment dan event callback function dapat dilakukan dengan hanya satu langkah atau satu baris kode.
  • Selain berfungsi sebagai library, jQuery pada JavaScript dapat pula dipakai sebagai fade in atau fade out ketika menentukan visibilitas elemen dan memunculkan berbagai animasi dengan manipulasi properti CSS yang lebih mudah ditampilkan.

Kemampuan jQuery:

Dari fungsi dan kegunaannya tersebut, kita perlu memahami juga kemampuan yang dimiliki oleh jQuery. Berikut merupakan kemapuan yang dapa dilakukan oleh jQuery

  • Kemudahan mengakses elemen-elemen HTML
  • Memanipulasi elemen HTML
  • Memanipulasi CSS
  • Penanganan event HTML
  • Efek-efek javascript dan animasi
  • Modifikasi HTML DOM
  • AJAX dan menyederhanakan kode javascript lainnya.


Referensi Daftar Pustaka:

þ  

[Sigit, WA., 2011. Pemrograman Web Aplikatif dengan Java, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo].

þ  

[Prasetia, D.D., 2013, Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform,  Jakarta: PT. Elex Media Komputindo].

þ  

[Winarno, E., 2014, 3 in 1: Javascript, jQuery dan jQuery Mobile. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo].

þ  

[Bekti, Humaira’Bintu, 2015, Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS, dan JQuery. Yogyakarta: Andi].

 

Demikian rangkuman singkat tentang beberapa definisi jQuery menurut ahli, sejarah terciptanya jQuery, fungsi jQuery, kemampuan jQuery dan referensi daftar pustaka tentang jQuery. Semoga bermanfaat, menambah wawasan dan pengetahuan untuk mengenal tentang jQuery dan kegunaannya.

 

Lihat juga: Definisi Javascript Dan Referensi Daftar Pustakanya

 

þ  

Silahkan kunjungi Sitemap (peta situs kami) untuk menemukan Source Code dari: Aplikasi, Sistem Informasi, Sistem Pendukung Keputusan, Sistem Pakar, E-Commerce serta Inspirasi lainnya seperti: Tutorial, Edukasi, Judul Skripsi dan lain-lain.

þ  

Kami juga menerima jasa pembuatan Aplikasi untuk Skripsi/Tugas Akhir, dan lain-lain.

 

Post a Comment

Previous Post Next Post