Solusi Masalah Error: MySQL shutdown unexpectedly

 



Apakah Anda sedang mengalami masalah Error: MySQL shutdown unexpectedly pada XAMPP yang Anda jalankan.?, jika iya,, maka, Anda telah mengunjungi situs yang tepat untuk mengatasi masalah Error tersebut.

Saat menjalankan XAMPP terkadang kita dihadapkan dengan masalah Error: MySQL shutdown unexpectedly. Error seperti tampak pada gambar di atas (teks warna merah) sangat menggangu terlebih lagi apabila kita belum mengetahusi solusi masalah Error tersebut. Apabila pada XAMPP terjadi Error, maka otomatis halaman phpmyadmin tidak dapat di akses dan akan tampil seperti gambar berikut:


phpmyadmin Error


Apabila Anda mengalami hal tersebut diatas, tidak perlu panik dan khawatir karena, pada tutorial kali ini saya akan membagikan lagi sebuah Inspirasi Source Code sebagai solusi masalah Error: MySQL shutdown unexpectedly. Adapun solusi untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

 

1.     

Buka drive dimana anda menginstal xampp, contoh: C:\xampp\mysql;

2.     

Silahkan ubah nama folder data (C:\xampp\mysql\data) menjadi data_old (C:\xampp\mysql\data_old)

3.     

Buat sebuah folder baru dengan nama data (C:\xampp\mysql\data)

4.     

Copy semua file yang ada di dalam folder backup (C:\xampp\mysql\backup) dan paste dalam folder  (C:\xampp\mysql\data) folder data yang baru dibuat.

5.     

Selanjutnya copy semua folder database yang ada di dalam folder data_old dan paste dalam folder data yang baru dibuat (kecuali folder mysqlperformance_schema dan phpmyadmin)

6.     

Langka berikutnya copy and replace file ibdata1 dari folder data_old ke dalam folder data

7.     

Restart ulang komputer Anda dan jalankan kembali MySQL pada XAMPP

 

Apabila langka-langka tersebut diatas dilakukan dengan benar dan berhasil maka, akan tampak seperti gambar berikut:


MySQL pada XAMPP berjalan normal

phpmyadmin sudah bisa diakses lagi


Demikian pembahasan tutorial tentang Solusi Masalah Error: MySQL shutdown unexpectedlysemoga apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat dan menjadi Inspirasi untuk membuat Source Code halaman website anda.

 

Lihat juga: Memperbaiki Incorrect Format Parameter pada phpMyAdmin



þ  

Silahkan kunjungi Sitemap (peta situs kami) untuk menemukan Inspirasi lainnya: Tutorial, Edukasi, Judul Skripsi dan Source Code dari: Aplikasi, Sistem Informasi, Sistem Pendukung Keputusan, Sistem Pakar, E-Commerce dan lain-lain.

þ  

Kami juga menerima jasa pembuatan Aplikasi untuk Skripsi/Tugas Akhir, dan lain-lain.

 

Apabila ada error atau  tidak sesuai,, silahkan isi kolom komentar pada bagian bawah tutorial ini...!.

Post a Comment

Previous Post Next Post