Source Code Aplikasi Verifikasi OTP (One Time Password) Berbasis Web Mobile

Aplikasi Verifikasi OTP (One Time Password) merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai metode login yang memerlukan dua faktor authentikasi yang berbeda. Faktor authentikasi tersebut bisa bermacam-macam, contohnya seperti ketika melakukan login maka pengguna diwajibkan untuk memasukan password dan memasukan satu metode authentikasi OTP (One Time Password).

 

Seperti diketahui fungsi OTP (One Time Password) merupakan sebuah sistem keamanan password dinamis yang dikirimkan ke nomor telepon seluler (baik melalui SMS, WhatsApp maupun E-Mail) yang mempunyai akun pada sebuah aplikasi atau sistem yang terhubung dengan sistem metode keamanan OTP. Penggunaan OTP (One Time Password) tersebut bertujuan untuk mengamankan data sebuah akun yang kita miliki pada sebuah sistem maupun aplikasi. Jadi, seseorang tidak dapat menyalahgunakan data sebuah akun tanpa sepengetahuan pemilik akun tersebut.

 

Cara kerja Aplikasi Verifikasi OTP (One Time Password) yaitu: Jika kita telah terdaftar/registrasi dan mempunyai Akun pada sebuah aplikasi atau sistem yang menggunakan metode keamanan OTP, kemudian kita akan mengakses halaman login untuk masuk, maka akan mendapat kode verifikasi OTP terlebih dahulu yang dikirim melalui telepon seluler milik kita yaitu melalui SMS atau WhatsApp (tergantung sistem tersebut menggunakan OTP fitur SMS atau  WhatsApp).

 

Studi kasus dalam Aplikasi Verifikasi OTP (One Time Password) Berbasis Web Mobile ini yaitu Aplikasi E-Voting Pemilihan Ketua BEM sebuah Universitas. Namun, aplikasi ini dapat diubah, dimodifikasi dan diterapkan sesuai kebutuhan pengguna. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP Native Versi 8.x., dengan database MySQL. Adapun fitur-fitur dalam Aplikasi Verifikasi OTP (One Time Password) ini yaitu sebagai berikut:


Menu Admin:

  • Form Kelola Data Pemilih
  • Form Kelola Data Kandidat
  • Form Rekap Hasil Voting
  • Form Kelola Data Pengguna
  • Form Pengaturan Sistem

 

Menu User:

  • Form Login
  • Form Verifikasi Akun dengan kode OTP (dikirim melalui SMS)
  • Form Input Calon Kandidat
  • Form Informasi Quick Count
  • Form Informasi Hasil Voting

 

Adapun beberapa contoh tampilan halaman Aplikasi Verifikasi OTP (One Time Password) Berbasis Web Mobile dengan Studi Kasus Aplikasi E-Voting Pemilihan Ketua BEM ditunjukan pada gambar-gambar berikut:


Halaman Form Login (terintegrasi dengan kode OTP)

Halaman Form Verifikasi Kode OTP (Dikirim Melalui SMS)


Halaman Form Menu Utama Aplikasi

Halaman Form Voting Kandidat Pilihan

Halaman Form Rekap Hasil Voting


Apabila Teman-Teman Suka dan tertarik dengan Source Code Aplikasi Verifikasi OTP (One Time Password) Berbasis Web Mobile ini, silahkan chat kami melalui:

  • WA  : 082345161368

 

þ  

Silahkan kunjungi Sitemap (peta situs kami) untuk menemukan Inspirasi lainnya: Tutorial, Edukasi, Judul Skripsi dan Source Code dari: Aplikasi, Sistem Informasi, Sistem Pendukung Keputusan, Sistem Pakar, E-Commerce dan lain-lain.

þ  

Kami juga menerima jasa pembuatan Aplikasi untuk Skripsi/Tugas Akhir, dan lain-lain.

 

Post a Comment

Previous Post Next Post